bingkisan dari sang pemilik kehidupan

Minggu, 01 Mei 2011

APLIKASI TI DALAM ASSESMEN BK


APLIKASI TI DALAM ASSESMEN BK

Menurut Azalia, dkk (2011) “Asesmen yaitu mengukur suatu proses konseling yang harus dilakukan konselor sebelum, selama, dan setelah konseling tersebut dilaksanakan atau berlangsung”. Assesmen merupakan suatu proses pengukuran atau penelitian yang diadakan pada sebelum, sedang dan sesudah proses konseling sebagai penyedia informasi yang nyata agar nkonselor dapat menganalisis permasalahan yang terjadi pada konseli. Assesmen harus ada dalam suatu layanan BK agar konselor dapat menganalisis dan mengetahui kebutuhan dan permasalahan konseli sesungguhnya. 
Assesmen berfungsi untuk merangsang konseli dan konselor agar ingin mengetahui tentang isu – isu permasalahan yang terjadi pada lingkungan, dapat memaparkan masalah yang sesungguhnya sehingga konselor dapat memberi alternatif solusi untuk permasalahan konseli, meningkatkan tingkat evaluasi terhadap proses konseling maupun pemberian layanan secara keseluruhan yang diberikan oleh konselor, dapat memudahkan identifikasi masalah dan kebutuhan konseli, dapat mengembangkan kemasan dan isi layanan BK berdasarkan kebutuhan konseli, menilai keefektifitas kegiatan konseling.
Langkah – langkah untuk melakukan assesmen, pertama konselor harus memilih aspek mana yang akan dilihat atau ditinjau lebih dalam, setelah memilih aspek yang akan di assesmen konselor memilih instrumen yang cocok dengan hal yang akan konselor ketahui, lalu rencanakan waktu yang tepat untuk melakukan assesmen, lalu dianalisis hasil yang didapatkan lalu diinterpretasikan dan diujilah hasil dari proses assesmen apakah valid atau tidak.
Ada berbagai aplikasi TI dalam proses melakukan assesmen BK, menggunakan internet juga dapat membantu proses assesmen dalam mencari informasi tentang permasalahan sesungguhnya pada pergaulan remaja di dunia maya. Internet juga dapat menjadi sumber informasi yang cepat saji untuk konseli maupun konselor. Aplikasi microsoft word dapat menjadi alat untuk membuat instrumen dalam melakukan assesmen, seperti angket, kuisioner dan lain sebagainya. Aplikasi microsoft Excel atau SPSS dan Access dapat dijadikan alat untuk mengolah dan menyimpan hasil dari proses pengambilan data assesmen. Aplikasi microsoft Powerpoint dapat menjadi alat untuk membantu konselor dalam menyajikan layanan BK agar lebih menarik.



DAFTAR PUSTAKA
Azalia, Ulva, dkk. (2011). “Aplikasi TI dalam Assesmen BK”. Makalah pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI, Bandung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar