bingkisan dari sang pemilik kehidupan

Sabtu, 12 Maret 2011

FUNGSI DAN PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

FUNGSI DAN PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI
DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Teknologi Informasi (TI) pada zaman sekarang sudah memasuki dunia pendidikan baik formal maupun semiformal atau pun nonformal. Oleh sebab itu, seluruh bagian yang terintegrasi oleh pendidikan terutama pendidikan formal akan dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan menggunakan teknoloogi. Begitu pula dengan Bimbingan dan Konseling (BK) yang menjadi bagian yang terintegrasi oleh komponen pendidikan formal, dituntut pula menggunakan TI dalam menjalankan program Bimbingan dan Konseling.

Dalam pelaksanaan BK konvensional masih banyak terdapat kendala yang terjadi, seperti jumlah konseli yang terlalu banyak sedangkan jumlah konselor tidak sebanding, terbatasnya waktu yang dimiiki konselor dan konseli untuk melakukan konseling dan layanan BK lainnya, dan rendahnya tingkat profesionalitas konselor yang harus ditingkatkan melalui teknologi. Teknologi dapat membuat kinerja konselor menjadi lebih cepat, mudah, dan tertangani dalam pelayanan BK sehingga konselor akan lebih produktif dan lebih profesional.

TI memiliki fungsi dan peranan dalam Bimbingan dan Konseling. Peranan TI dalam BK sebagai media canggih yang akan mempermudah jalannya suatu pelayanan BK, sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas konselor dalam menyajikan layanan BK yang dinamis sehingga konseli tidak merasa jenuh dan menganggap BK ketinggalan zaman, sebagai sebagai alat untuk meningkatkan prestise BK pada masyarakat, sebagai layanan dukungan sistem pada BK agar layanan yang diberikan menjadi lebih efektif dan efesien, sebagai media untuk mempermudah dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam kegiatan BK, sebagai media yang dapat meningkatkan produktifitas kinerja konselor, seabagai media yang mempengaruhi program BK yang lebih modern, sebagai media untuk menghilangkan masalah jarak dan waktu yang dialami konselor dan konseli ketika pelayanan BK berlangsung, dan sebagai alat untuk memperkuat kompetisi terhadap profesi lainnya agar BK tidak ditinggalkan oleh konseli.

TI juga memiliki fungsi dalam BK, yaitu membantu konselor dalam mengolah dan menyimpan data konseli secara lebih aman dan data lainnya yang dibutuhkan dalam BK, membantu konselor untuk melakukan cyber counseling, membantu konselor untuk mempublikasikan informasi secara up to date dan lebih luas jangkauannya tanpa harus bertemu secara face to face, membantu konselor dalam melaksanakan program agar lebih efektif dan efesien melalui aplikasi khusus tentang instrumen BK, membantu konselor dalam berkomunikasi dengan konseli dengan lebih mudah, membantu konselor untuk memperoleh data lebih mudah, membantu konselor untuk melaksanakan pendekatan dengan konseli melalui alat komunikasi canggih, membantu konselor dalam melakukan assesmen terhadap konseli khusunya pada Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dan Analisis Tugas Perkembangan (ATP) yang sudah dikembangkan, membantu konselor memberikan pelayanan melalui internet.

Walz dan Bleur (Silalahi, 2009) mengemukakan empat kecenderungan yang berhubungan dengan perkembangan komputer dan konseling, bahwa:
• Konselor harus dapat memberikan perhatian besar dan memiliki perencanaan yang tersusun dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, yaitu melalui komputer dalam konseling,
• Semakin terjadi interelasi antara fungsi-fungsi konseling sebagai hasil dari teknologi informasi dan komunikasi dengan penggunaan komputer,
• Konselor akan semkain tampak imajinatif, kreatif, dan inovatif ,
• Konselor akan selalu dituntut secara regular untuk mengevaluasi perangkat lunak yang relevan dengan konseling.






DAFTAR PUSTAKA
Silalahi, Meilani. (2009). “Tugas Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling”. ”. Makalah pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI, Bandung.
Gaina, Chintia. (2011). Fungsi TI dalam BK. [Online]. Tersedia di : http://fachrugianappb.blogspot.com/2011/02/fungsi-dan-peranan-teknologi-informasi.html [9 Maret 2011]
Admin. (2010). Arsip untuk Peran TI dalam BK. [Online]. Tersedia di : http://bknrfipuny.wordpress.com/category/peran-ti-dalam-bk/ [9 Maret 2010]
Fauziyah, Ismi Resti, dkk. (2011). “Fungsi dan Peranan Teknologi Informasi dalam BK”. Makalah pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI, Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar